God Spot, Noktah Otak

God Spot, Noktah Otak yang Merespon Ajaran Keagamaan

Tim Universitas California mengklaim menemukan God Spot, noktah otak yang merespon ajaran keagamaan. Penemuan ini diungkap dari hasil sekian banyak eksperimen yang dilakukan oleh Prof. Vilayanur Ramachandran – ahli ilmu syaraf berdarah India, bersama timnya dari Universitas California di Sandiago Amerika Serikat.

Mulanya God Spot itu ditemukan pada penderita epilepsi/ayan, ketika mereka sedang diserang oleh penyakit itu. Saat tersebut mereka sedang mengalami halusinasi.

Tim peneliti berupaya untuk menggali pengalaman mereka dan ternyata ketika itu mereka mengalami episode mistik yang sangat kuat dan membuat mereka terobsesi pada soal spiritual keagamaan.

Eksperimen dilanjutkan dengan memeriksa gelombang otak penderita itu saat mereka mengalami gangguan, dengan memasang sensor di bagian dahi dan memonitornya melalui layar komputer.

Di sana para ahli tersebut menemukan bahwa pada saat itu muncul pancaran gelombang yang kuat dari satu titik di temporal lobes bagian otak yang berada persis di belakang tulang dahi.

Penyelidikan diteruskan pada sejumlah sukarelawan yang sehat dan ketika mereka khusyuk dalam renungan tentang Tuhan dan hal-hal yang berkaitan dengan-Nya, para ahli tersebut menemukan pancaran yang sama dan di tempat yang sama pula pada mereka yang menderita epilepsi itu.

Hal ini merupakan salah satu bukti bahwa fitrah insting keberagamaan dalam diri setiap insan. Sekarang yang menjadi permasalahan adalah kepada siapa seharusnya diri setiap insan ini berserah, tunduk dan pasrah sebagaimana tuntutan fitrahnya ?

Jawabannya adalah :

“Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada Agama (Allah), (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui.” (Ar Ruum 30:30). (Sumber : Diambil dari buku Menyingkat Tabir Illahi Karangan M. Quraish Shihab)

 

God Spot, Noktah Otak yang Merespon Ajaran Keagamaan

About the Author: Kanalonline

Cuma sekedar berbagi informasi dan pengetahuan lewat Kanal Online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *