Lalapan, Pelengkap 4 Sehat

Lalapan, Pelengkap 4 Sehat

Lalapan alias sayuran merupakan sumber mineral dan vitamin bagi tubuh manusia. Dimana keduanya bertugas membantu mengatur metabolisme tubuh.

Metabolisme tubuh yang terganggu disebabkan oleh kurangnya mineral dan vitamin yang dikonsumsi tubuh hingga penyerapan zat-zat gizi dalam tubuh akan terganggu, pencernaan jadi kurang sempurna, sulit buang air besar, bahkan kulit tubuh bisa jadi kasar.

Kandungan Umum Lalapan Sayuran

Zat Besi

Zat besi adalah salah satu mineral penting yang ada pada sayuran. Banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau tua, seperti daun ubi jalar.

Vitamin

Vitamin C dan A banyak terkandung dalam sayuran. Vitamin C dapat mencegah penyakit sariawan serta menambah stamina tubuh. Daun katuk dan daun singkong merupakan contoh sayuran yang mengandung vitamin C.

Vitamin yang sangat berguna untuk mata kita adalah vitamin A. Masaklah sayuran yang mengandung vitamin A sebelum memakannya, karena vitamin A lebih mudah diserap oleh tubuh jika larut dalam lemak. Bayam, daun ubi jalar, daun singkong, kangkung dan wortel, contohnya.

Mencegah Kanker

Sayuran yang berfungsi bisa mencegah kanker, contohnya kol, brokoli dan sawi karena:

  • Sayuran ini mengandung antioksidan yang dapat melumpuhkan senyawa radikal bebas penyebab kanker.
  • Kaya akan sulfur dan histilin yang dapat menghambat pertumbuhan tumor.

Tapi jangan salah persepsi, dengan mengkonsumsi terlalu banyak sayuran sebangsa kol ini, mungkin bisa terhindar dari kanker, tapi gondok pun bisa muncul karena kol mengandung senyawa goitrogenic yang mengganggu penyerapan iodium. Disamping itu, bukankah sesuatu yang berlebihan itu selalu membuahkan hasil yang tidak baik?

Pilih Mana, Lalapan Mentah atau Masak?

Lalap Mentah

Kelebihannya:

  • Tidak ada atau sedikit sekali zat gizi yang rusak
  • Penyajian mudah
  • Hemat waktu

Kekurangannya:

  • Bisa jadi jasad renik seperti telur cacing gelang mencemari lalapan mentah.
  • Pencegahan: Cuci lalapan dengan air mengalir karena air ini bisa membersihkan sayuran dari jasad renik maupun sisa semprotan pestisida dibanding air tidak mengalir.

Lalapan Masak

Ternyata, sayuran yang dimasak terlebih dahulu, zat gizi yang hilang tidaklah besar. Vitamin C yang hilang hanya 5-15%, karena itu agar vitamin C tidak terlalu banyak hilang. Saat merebus perbandingan air dan sayuran hendaknya 1:1.

Nah, sekarang mau pilih mana? Yang mentah atau masak? Pilih cara praktis atau yang sehat?

 

Lalapan, Pelengkap 4 Sehat

About the Author: Kanalonline

Cuma sekedar berbagi informasi dan pengetahuan lewat Kanal Online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *