Sekilas Tentang Sistem Pendidikan di ceko

Sistem Pembelajaran di Republik Ceko

Secara sistematis organisasi sistem pendidikan Republik Ceko menurut sumber Eurydice berdasarkan pada standar sistem yang disesuaikan oleh UNESCO yang disebut dengan The International Standard Classification of Education (ISCED).

Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah

Pendidikan Dasar dan Menengah atau disebut pula sebagai stredni skoly, merupakan pendidikan menengah yang diadakan oleh pemerintah Republik Ceko agar siswa siap untuk menghadapi jenjang yang lebih tinggi yaitu masuk ke dalam dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi seperti universitas.

Sistem pendidikan dasar dimulai usia 3 tahun (mateřské škola) kemudian 5 tahun (Prvni Stupen Zakladni Skola) ditambah 4 tahun masa pendidikan sekolah menengah pertama (Dhuhy Stupen Zakladni Skola) hingga usia 15 tahun. Di Republik Ceko dalam laman lenteradigital.com disebutkan sistem pendidikan hanya berdasarkan umur dan tidak berdasarkan pada masa didik anak artinya bahwa si anak harus masuk ke tingkatan tertentu berdasarkan usia anak sekolah.

Kemudian sampai usia anak 15 tahun maka masuk ke tingkat menengah atas (Gymnazium) atau seperti di Indonesia disebut dengan SMU dan selanjutnya dilanjutkan ke sistem pendidikan tinggi. Pendidikan menengah (střední školy) dilaksanakan untuk anak dengan rentang usia 15-19 tahun. Pendidikan menengah di Ceko terbagi dalam tiga jalur berbeda yaitu:

1. Upper secondary general

Upper secondary general dalam bentuk gymnázium (ISCED3); pendidikan di gymnázium adalah pendidikan umum yang mempersiapkan anak didik untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan tinggi (vysoke škola). Pada gymnázium, bidang-bidang peminatan telah ditentukan, anak didik telah diarahkan ke bidang keilmuan yang diminati dan akan dijalaninya di perguruan tinggi. Bidang-bidang peminatan itu antara lain natural science, engineering, economics, social science, anthropology, law dan lain-lain.

2. Upper secondary vocational

Upper secondary vocational dalam bentuk strední odborní učiliští – SOU (ISCED 3); adalah pendidikan vokasional dengan bidang-bidang peminatan yang telah ditentukan khusus seperti, designer, hairdresser, farmer, gardener, photographer, nurse, dan lain-lain. Pendidikan di SOU bertujuan membentuk dan memberi bekal ketrampilan tertentu (hard skill) bagi anak didik agar siap untuk bekerja.

Selain itu lulusan SOU dapat melanjutkan pendidikannya ke postsecondary non-tertiary (nástavbové studium) atau studi ekstensi yang merupakan jenjang pendidikan profesional atas bidang yang telah di pelajari di SOU.

3. Upper secondary technical

Upper secondary technical dalam bentuk střední odborná škola – SOŠ (ISCED 3). Pada dasarnya SOŠ mempunyai prinsip dan tujuan pendidikan yang sama dengan SOU. Perbedaannya, pada SOU kemampuan hard skill memiliki porsi lebih besar dalam kandungan kurikulum. Sebaliknya pada SOŠ, aspek ketrampilan proporsional dengan aspek teoritikal di dalam kurikulumnya. Perbedaan lainnya, lulusan SOŠ dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi vysoke školy seperti halnya lulusan gymnásium. Beberapa bidang ketrampilan di SOŠ antara lain: public administration, library management, information system, economic and bussiness, civil engineering, electrical and electronics, information technology, dan lain-lain.

Pendidikan Tinggi (S1-S2-S3)

Institusi pendidikan tinggi di negara Republik Ceko dibagi menjadi tiga macam yakni Institusi Pendidikan Negeri (Public institutions), Institusi Pendidikan Swasta (Private institutions) yang berada dibawah Kementerian Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Ministry of Education, Youth and Sports) serta Institusi Pendidikan Khusus Negara (State institutions) di bawah Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri.

Di Republik Ceko terdapat : 26 Institusi Pendidikan Negeri (public higher education institutions), 2 Institusi Pendidikan Khusus Negara (state higher education institutions) dan 46 Institusi Pendidikan Swasta (private higher education institutions).

Pendidikan Tinggi di Republik Ceko memiliki rentang waktu yang panjang sejak Raja Charles IV mendirikan Charles University sebagai lembaga pendidikan tertua di Eropa Tengah, dan kemudian terpecah menjadi sekolah-sekolah tinggi (Vysoka Skola) berdasarkan spesialisasi kejuruan ilmu.

Sejalan dengan sejarah semasa dinasti Holy Roman Empire hingga Austrian-Hungarian Empire sejak abad 14 hingga terpecah tahun 1918, sistem pendidikan tinggi di Eropa Tengah (Republik Ceko, Slovakia, dan Austria) hampir memiliki kesamaan bentuk sistem pendidikan. Seperti adanya nama Technical University, University of Economics, dan lainlain.

Sistem pendidikan tinggi yang dianut oleh negara Republik Ceko sekarang berdasarkan pada Undang-Undang No. 189/2008 berdasarkan pada Proses Bologna. Seperti yang dijadikan pada Tabel Perbandingan Sistem Pendidikan Formal Menengah di Republik Ceko dengan Indonesia, terlihat bahwa jenjang pendidikan tinggi di Republik Ceko cenderung lebih cepat dan merupakan standar dari Uni Eropa dan OECD (Organization of Economic Cooperation and Development)

Pendidikan tinggi termasuk dalam tertiary education (ICSED 5) di Republik Ceko. Pendidikan tersier dibagi menjadi pendidikan tinggi (vysoka škola–ICSED 5A dan 6) dan pendidikan tinggi professional (vyšší odborna škola – ICSED 5B), yang lebih berorientasi pada hal-hal praktis ketimbang aspek teoritikal.

Pendidikan tersier dimulai saat peserta didik mencapai usia 19 tahun dan telah lulus maturitní zkouška di gymnázium atau SOŠ. Sejak tahun 2001, dengan diterapkannya ”Proses Bologna” pada sistem pendidikan tinggi, maka jenjang studi pendidikan tinggi dibagi dalam tiga strata pendidikan yaitu:

  • Bakalář/Bachelor (ICSED 5A) – 3 s/d 4 tahun, 120 kredit.
  • Magister/Master (ICSED 5A) – 1 s/d 3 tahun, 80 kredit.
  • Doktorand/Doctoral (ICSED 6) – 3 s/d 4 tahun, 30 kredit.

Program Bachelor/Master

Secara alamiah pada beberapa disiplin ilmu seperti rekayasa dan ekonomi, program master tidak mesti didahului oleh program bachelor karena kurikulum memang menuntut lama studi selama lima tahun atau setara dengan lama studi program bachelor ditambah program studi master. Sehingga untuk bidang studi teknik perguruan tinggi dan ekonomi, perguruan tinggi menjalankan dua track pendidikan master yaitu:

Inženýr diploma; dimana jalur pendidikan ini dijalani oleh mahasiswa tanpa henti selama 5 tahun. Kurikulum dibagi atas materi-materi dasar keteknikan (basic engineering) selama 5-6 semester, materi lanjutan (advanced engineering) selama 2-3 semester dan materi peminatan/ keahlian (expertise) selama 2 semester. Pada tahapan advanced dan expertise, setiap subyek mata kuliah terdiri dari 4 kredit yang dibagi atas 2 kredit teoritikal instruksional (výuka) dan 2 kredit praktek laboratorium atau kerja eksperimental (cvičeni). Di akhir masa studi, mahasiswa mesti mengerjakan thesis (diploma práce).

Magister/Master degree; jalur pendidikan ini dimulai melalui program bakalař/bachelor selama 6 semester yang berisi materi dasar bidang teknik. Di akhir tahun ketiga, mahasiswa mesti mengerjakan tugas akhir (bakalářský project) untuk mendapatkan gelar bachelor (bakalářský titul – Bc.). Sampai dengan tahap ini mahasiswa dapat berhenti studi dengan gelar Bc. dan kemudian dapat enroll ke program master selama 2 tahun. Program master ini lebih bersifat by though/by course dimana porsi materi teori bersifat instruksional lebih banyak dibandingkan dengan materi praktikal, laboratorium dan eksperimental. Di akhir studi, mahasiswa harus mengerjakan thesis (teze) untuk meraih gelar Magister–Mgr. Sejak dari diberlakukannya standar European Credit Transfer and Accumulative System (ECTS) secara penuh tahun 2006, maka gelar master mengikuti standar ECTS. Lulusan program master engineering akan mendapat gelar Master of Science – MSc. atau Master of Engineering – M.Eng.

Program Doktor

Mengikuti semangat desentralisasi, otonomi perguruan tinggi dan implementasi dari Proses Bologna, maka mekanisme program doktoral di Republik Ceko sangat tergantung kepada kebijakan dari masing-masing perguruan tinggi, bahkan kebijakan ditingkat fakultas. Dalam hal ini universitas hanya mengatur aturan dasar dan umum, sedangkan aturan akademis ditentukan secara khusus oleh masing-masing fakultas.

Sejak tahun 2008, program doktoral berdurasi 4 tahun. Tergantung dari kebijakan masing-masing fakultas, secara umum jumlah 30 kredit yang harus diselesaikan oleh mahasiswa program doktor dapat dipenuhi melalui kuliah subyek tertentu, publikasi penelitian dan kegiatan mengajar.

Sebagai contoh di Fakultas Teknik Elektro (Faculty of Electrical Engineering – FEE) Czech Technical University in Prague (České Vysoké Učení Technické v Praze – ČVUT) alokasi 30 kredit untuk pendidikan doktoral harus memenuhi unsur-unsur sebagai berikut:

  • Kuliah subyek minimal 18 kredit, dengan 5 obligatory subjects.
  • Publikasi penelitian minimal 6 kredit, dari international conference dan minimal satu publikasi di International Journal dengan impact factor diatas 2.
  • Mengajar dan membimbing mahasiswa: minimal 4 kredit.

Untuk sistem penilaian Republik Ceko menganut sistem Uni Eropa yang berdasarkan pada ECTS (European Credit Transfer System) dimana sistem penilian sistem kredit di Republik Ceko akan diterima di seluruh Uni Eropa dengan grading 1 – 5.

 

Sistem Pembelajaran di Republik Ceko

About the Author: Kanalonline

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *