Wanita Karier dan Keluarga

Hidup Seimbang Wanita Karier dan Keluarga

Kanal Online. Menjadi ibu adalah sebuah kebahagiaan yang tak tergambarkan. Namun, kadang, bagi seorang wanita karier, ini menjadi dilema. Sebab, kebutuhan mengejar karier dan memberikan perhatian pada anak adalah dua hal yang kadang sering tak bisa berjalan beriringan.

Memiliki pengasuh bayi mungkin jadi solusi, tapi tak jarang malah membuat si kecil justru lebih dekat dengan pengasuh ketimbang ibunya. Karena itu, kepandaian mengatur waktu bagi wanita karier mutlak diperlukan.

Karier dan Keluarga

Bagaimana caranya? Susan Crites Price yang menulis The Working Parents Help Book: Practical Advice for Dealing with the Day-to-Day Challenges of Kids and Careers, bersama suaminya, Tom Price, memberikan sejumlah tips ringan berikut ini:

Catat daftar pekerjaan dan rutinitas sehari-hari. Jujurlah pada catatan itu. Jika ada waktu yang dilewatkan hanya untuk mengobrol tanpa alasan jelas, masukkan juga. Kemudian, hitung ulang waktu yang “terbuang” dan ubah kebiasaan itu untuk lebih memberikan banyak waktu pada anak.

Tentukan prioritas. Sebagai wanita karier, Anda seharusnya bisa dengan bijak memisahkan, mana pekerjaan paling penting untuk segera diselesaikan. Jangan buang waktu. Segera selesaikan, dan bila ada waktu sisa, maksimalkan untuk keluarga.

Cobalah mendelegasikan tugas. Sebagai wanita karier, jangan sungkan minta rekan kerja atau bawahan untuk mengerjakan tugas yang biasa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda bisa berhemat waktu melalui kerja bersama yang lebih padu.

Jangan berikan jadwal yang padat pada anak. Meski saat ini sudah banyak tempat penitipan anak yang berkualitas, jangan paksakan anak mengikuti jadwal ini dan itu jika ia tak suka. Padu padankan jadwal Anda, suami, serta anak agar waktu kebersamaan bisa lebih maksimal.

Jadwalkan waktu bersenang-senang. Berlibur di akhir pekan atau semasa anak liburan sekolah harus benar-benar bisa Anda atur bersama suami. Sempatkan waktu tersebut dan maksimalkan agar terjalin ikatan kuat antara Anda, suami, dan anak.

Belajar berkata tidak. Ajakan teman-teman di kantor biasanya sering sangat menggoda, ke mal, ke klub malam, atau ke restoran kesenangan. Cobalah berkata tidak, dan pilihlah waktu lebih untuk keluarga.

Jaga kondisi tubuh dan rilekslah. Sebagai wanita karier dan ibu di rumah tangga, pastilah banyak pekerjaan yang akan menyita waktu. Untuk itu, kesehatan adalah hal mutlak yang perlu Anda jaga. Makan makanan bergizi dan olahraga sejenak akan jadi solusi. Selain itu, bermeditasi atau santai sendirian sejenak, juga bisa melepas stres untuk meredam emosi.

Jangan lupa, ciuman hangat saat tidur untuk si kecil—bahkan meski ia sudah/masih tertidur pulas ketika Anda pulang larut atau pergi pagi hari—akan memberikan ikatan batin yang akan menjaga hubungan Anda dengan si kecil.

Menjadi ibu dalam sebuah keluarga adalah sebuah kebahagiaan yang tak tergambarkan. Bagaikan Lentera Keluarga. Oleh karena itu, bagi seorang wanita karier bijaklah dalam menentukan pilihan.

 

Hidup Seimbang Wanita Karier dan Keluarga

Kanal Online

About the Author: Kanalonline

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *