Menu Bekal Siang

Menu Bekal Siang yang Lezat dan Praktis

Banyak keuntungan dari kebiasaan membawa bekal makanan dari rumah untuk di sekolah atau pun kantor. Untuk itu, pemerintah Indonesia pada tahun 2013 lalu telah menetapkan setiap tanggal 12 April sebagai Hari Bekal Nasional. Penetapan yang diprakarsai oleh Mentri Kesehatan dan Pendidikan ini bukan tanpa alasan, mengingat banyak makanan cepat saji yang cukup memboroskan keuangan keluarga dan makanan yang kurang menjamin kebersihan. Lalu, apa saja menu bekal siang yang lezat dan praktis?

Menu Bekal Siang yang Lezat dan Praktis

Nasi goreng komplit

Pada umumnya nasi goreng buat orang Indonesia cocok untuk sarapan pagi. Tetapi sekarang, dengan pengolahan yang lengkap seperti penambahan sayuran, daging atau makanan laut dalam satu masakan, tentu nasi goreng ini menjadi spesial dan terasa lezat. Salah satu contohnya adalah buatlah nasi goreng komplit ini yang terdiri dari telur mata sapi atau bisa menggantinya dengan ayam goreng, sosis atau makanan laut lainnya. Serta penambahan irisan wortel, kacang polong, buncis atau jagung rebus yang dipipil.

Orak-arik tempe atau telur

Orak-arik merupakan masakan yang dicampuradukkan dan biasanya berbahan tempe atau telur. Untuk orak-arik tempe biasanya kita mengolahnya bersama ikan teri atau kacang dan tempenya setengah basah atau pun kering. Khusus orak-arik telur, agar lebih lezat dan bergizi cukup tumis dengan bawang putih dan bawang bombay, serta tambahkan sayuran didalamnya seperti brokoli, irisan wortel, atau pun jamur kancing. Menu orak-arik tempe atau telur sangat nikmat dimakan bersama nasi putih atau pun nasi merah.

Ayam Fillet goreng mentega atau tepung

Menu ayam goreng tentu sangat disukai oleh anak-anak. Nah, agar menu bekal siang tidak bosan, cobalah olah ayam dengan cara digoreng mentega atau pun menggunakan tepung berbumbu. Kali ini, gunakan ayam tanpa tulang atau disebut ayam fillet. Untuk ayam goreng mentega akan lebih nikmat lagi bila ditambahkan bawang bombay. Sedangkan untuk ayam tepung, bisa menggunakan tepung bumbu instan.

Gado-gado tempe atau tahu

Membawa bekal gado-gado tempe atau tahu? Tentu Anda sulit membayangkannya. Tetapi jangan terburu-buru membeli jadi loh! Siapkan sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam atau kangkung, kol, dan mentimun rebus. Dan tidak lupa juga penambahan potongan tempe goreng atau tahu goreng. Lalu, siapkan bumbu kacang atau pun bisa menggunakan bumbu pecel yang sudah jadi. Sayuran, tempe atau tahu, penempatannya harus dipisah dari bumbu kacang. Saat makan siang, tinggal mengkucurkan bumbu gado-gado tersebut kedalam sayuran dan tempe tadi.

Tumis brokoli udang

Sayuran bertumis sangat cocok untuk bekal siang nanti. Menurut salah seorang chef ternama di Jakarta, usahakan menu bekal siang tidak menggunakan masakan yang terlalu bumbu untuk menghindari cepat basi. Nah, sayuran tumis apapun sangat cocok dinikmati bersama nasi putih atau merah dan salah satunya tumis brokoli udang ini!

Membeli makanan jadi atau cepat saji untuk makan siang merupakan cara pilihan praktis bagi masyarakat terutama pekerja kantoran. Padahal, menyiapkan bekal makanan dari rumah juga bisa praktis dan tentu tidak khawatir dengan kebersihan. Cobalah menu bekal siang yang lezat dan praktis seperti sajian diatas tadi!

 

Menu Bekal Siang yang Lezat dan Praktis

About the Author: Kanalonline

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *