Tertawa Bisa Mengobati Alergi Kulit

Tertawa Bisa Mengobati Alergi Kulit

Sebuah studi di Jepang, telah mengeluarkan hasil penelitian tentang khasiat tertawa. Salah satunya adalah, tertawa dapat memelihara kekenyalan dan elastisitas kulit kita.

Salah satu dari metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, meminta beberapa pasien kulit sebuah rumah sakit untuk menonton film Charlie Chaplin satu setengah jam setiap hari.

”Tertawa ternyata mempunyai kekuatan khusus bagi para penderita alergi kulit,” ujar Dr. Hajime Kimata, kepala penelitian yang juga bekerja di Unitika Central Hospital, Jepang.

Hasil penelitian tersebut diumumkan di American Medical Association Jurnal.

Tampaknya, tertawa memang berpengaruh pada kesehatan manusia.

Pada penelitian lain, disebutkan orang yang cemberut atau berwajah muram akan lebih banyak menggunakan otot wajahnya untuk bekerja ketimbang orang yang mudah senyum dan riang.

Dalam penelitiannya, Kimata mengatakan 26 pria dan wanita yang menjadi pasiennya karena menderita penyakit kulit terutama alergi sedikit membaik setelah menonton film Chaplin.

“Kekenyalan kulit mereka berbeda setelah dan sebelum menonton film ini, dan itu berpengaruh pada imunitas kulit atas alergi,” ujar Kimata menjelaskan.

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, menurut Kimata tertawa atau senyum juga mempunyai efek positif secara kejiwaan. Misalnya mengurangi rasa stress dan juga beban pikiran.

Tapi tentu saja kita tak melupakan sabda nabi, bahwa terlalu banyak tertawa bisa juga menimbulkan efek negatif tersendiri. Terlalu banyak tertawa, sabda Rasulullah, akan mematikan hati.

 

Kanal Online – Tertawa Bisa Mengobati Alergi Kulit

About the Author: Kanalonline

Cuma sekedar berbagi informasi dan pengetahuan lewat Kanal Online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *