Manfaat jalan kaki setiap hari

Inilah manfaat jalan kaki setiap hari

Tetap diam untuk waktu yang lama, tanpa melakukan jenis latihan fisik apa pun, berbahaya bagi kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak meningkatkan kemungkinan kematian antara 20% dan 30%.

WHO mendefinisikan aktivitas fisik sebagai “setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka, dengan konsumsi energi yang konsekuen”. Berolahraga, apakah sedang atau intens, meningkatkan kondisi kesehatan.

Menurut organisasi multilateral ini, hingga lima juta kematian per tahun dapat dihindari jika populasi dunia lebih aktif, angka yang sangat signifikan yang menempatkan kebutuhan untuk menyadari masalah ini.

Menurut para ahli, aktivitas fisik secara teratur telah terbukti membantu mencegah dan mengendalikan penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan berbagai jenis kanker. Ini juga membantu mencegah tekanan darah tinggi, menjaga berat badan yang sehat, dan dapat meningkatkan kesehatan mental, kualitas hidup, dan kesejahteraan.

Sebaliknya, menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak mempengaruhi tubuh dengan berbagai cara. Spesialis klinik kesehatan memastikan bahwa tidak berolahraga menyebabkan orang tersebut membakar lebih sedikit kalori, yang meningkatkan kemungkinan bertambahnya berat badan; Anda kehilangan massa otot dan stamina karena Anda tidak sering menggunakan otot dan tulang Anda melemah dan kehilangan sebagian kandungan mineralnya.

Manfaat jalan kaki setiap hari

Di antara aktivitas fisik yang paling umum adalah berjalan kaki, bersepeda, bersepeda, berolahraga, berpartisipasi dalam aktivitas rekreasi dan permainan. Menurut lembaga Spesialis kesehatan, aktivitas fisik tidak harus rumit. Sesuatu yang sederhana seperti jalan cepat setiap hari dapat membantu menjalani hidup yang lebih sehat.

Ada beberapa manfaat yang ditawarkan dengan berjalan kaki setiap hari. Misalnya, jalan cepat secara teratur dapat membantu:

  • Menjaga berat badan yang sehat dan menurunkan lemak tubuh
  • Mencegah atau mengontrol berbagai kondisi, seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kanker dan diabetes tipe 2.
  • Meningkatkan kebugaran kardiovaskular.
  • Memperkuat tulang dan otot.
  • Meningkatkan daya tahan otot.
  • Meningkatkan tingkat energi.
  • Meningkatkan mood, kognisi, memori dan tidur.
  • Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.
  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Mengurangi stres dan ketegangan.

Spesialis klinik kesehatan mengatakan bahwa semakin cepat, jauh, dan semakin sering seseorang berjalan, semakin besar manfaatnya. Misalnya, salah satu rekomendasinya adalah memulai sebagai pejalan kaki biasa, dan kemudian bekerja untuk berjalan lebih cepat dan menempuh jarak tertentu dalam waktu yang lebih singkat.

Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan aktivitas aerobik, meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan Anda sambil membakar kalori.

Aktivitas fisik

Trik lainnya adalah mengganti periode jalan cepat dengan yang lebih tenang. Jenis latihan interval ini memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa. Dan latihan interval dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat daripada jalan kaki biasa.

Menurut para ahli, ketika seseorang telah menetap, mereka harus mulai berolahraga secara perlahan dan dapat menambah aktivitas secara bertahap, tanpa kewalahan. Idealnya adalah melakukan apa yang Anda bisa, tanpa berlebihan. Melakukan sedikit aktivitas fisik selalu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Ada banyak cara berbeda untuk berolahraga, yang penting adalah menemukan jenis yang terbaik untuk setiap orang tergantung pada seberapa lama mereka duduk dan usia mereka, misalnya. Anda juga dapat mencoba menambahkan aktivitas fisik ke dalam hidup Anda dengan cara-cara kecil, seperti di rumah dan di tempat kerja.

 

Manfaat jalan kaki setiap hari

About the Author: Kanalonline

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.